Syarat & Ketentuan CIMB Clicks

SYARAT DAN KETENTUAN CIMB CLICKS

ISTILAH

  1. CIMB CLICKS adalah produk layanan perbankan untuk mengakses Rekening Nasabah Pengguna melalui jaringan internet dengan cara menggunakan perangkat lunak browser pada komputer.
  2. CIF atau Customer Information File adalah suatu file di system Bank yang menyimpan seluruh informasi dan data Nasabah yang memiliki Rekening di Bank termasuk tabungan, deposito, giro dan kredit.
  3. Bank adalah PT Bank CIMB Niaga, Tbk, berkedudukan di Jakarta Selatan, yang meliputi kantor pusat dan kantor cabang, serta kantor lainnya yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari PT Bank CIMB Niaga, Tbk.
  4. Nasabah adalah orang-perorangan yang mempunyai rekening tabungan dan/atau giro di Bank dan memiliki kartu debit.
  5. Nasabah Pengguna adalah Nasabah yang telah terdaftar sebagai pengguna CIMB CLICKS.
  6. User ID adalah identitas yang dimiliki oleh setiap Nasabah Pengguna yang terdiri dari serangkaian huruf dan angka yang harus dicantumkan atau di-input dalam setiap penggunaan layanan CIMB CLICKS.
  7. Captcha adalah tiga karakter rangkaian kata dan angka (alfanumerik) yang dibuat secara acak oleh sistem.
  8. Password adalah nomor identifikasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Nasabah Pengguna serta harus di-input oleh Nasabah Pengguna pada saat menggunakan CIMB CLICKS.
  9. Secure Word adalah rangkaian kata atau kalimat unik yang dibuat oleh Nasabah Pengguna yang akan tampil pada halaman log-in setelah memasukkan User ID dan 3 kode alfanumerik acak (Captcha).
  10. Personal Identification Number (PIN) adalah rangkaian digit unik terdiri dari huruf, angka atau kode ASCII yang digunakan untuk mengidentifikasi Nasabah Pengguna. mPIN adalah media pengaman tambahan yang berfungsi sebagai token/tambahan keamanan untuk melakukan aktivasi atau Transaksi yang dikirimkan oleh Bank melalui Short Messaging Services (SMS) ke Telepon Terdaftar.
  11. Rekening adalah setiap dan seluruh rekening Nasabah Pengguna yang terdaftar dalam satu CIF.
  12. Telepon Terdaftar adalah nomor telepon selular Nasabah Pengguna yang terdaftar pada CIF dan sistem CIMB CLICKS.
  13. Transaksi adalah setiap jenis akses dan/atau transaksi yang saat ini atau dikemudian hari akan ditetapkan Bank untuk dapat dilakukan dengan menggunakan CIMB CLICKS, termasuk namun tak terbatas pada:

(i) Transaksi Finansial, transaksi yang terkait dengan dana yang terdapat pada Rekening yang ditetapkan Bank dapat digunakan untuk melakukan transaksi financial, seperti namun tak terbatas pada transaksi pemindahan dana (“transfer“), pembayaran tagihan, pembukaan rekening melalui CIMB CLICKS dan transaksi lain terkait dengan Rekening dan/atau sumber dana lain yang tercantum dalam CIMB CLICKS (“Transaksi Finansial“):

(ii) Transaksi Non-Finansial, seperti namun tak terbatas pada informasi saldo, informasi total tagihan kartu kredit, informasi 5 (lima) transaksi terakhir yang belum tertagih, informasi lokasi ATM/cabang Bank dan transaksi dan/atau informasi lain yang dilakukan untuk kepentingan administratif atau yang tidak termasuk dalam transaksi finansial (“Transaksi Non Finansial“); dan/atau

(iii) Transaksi lain yang telah dan/atau akan ditentukan oleh Bank untuk dapat dilakukan melalui layanan CIMB CLICKS.

 

PENDAFTARAN dan PENGAKTIFAN CIMB CLICKS

  1. Nasabah Pengguna dapat melakukan pendaftaran CIMB CLICKS melalui Anjungan Tunai Mandiri (“ATM“), Self Service Terminal (“SST“) atau website CIMB CLICKS atau media lain yang ditentukan oleh Bank.
  2. Aktivasi mPIN CIMB CLICKS dapat dilakukan melalui website CIMB CLICKS.
  3. Nasabah wajib memiliki Telepon Terdaftar yang aktif sebagai sarana untuk mengirimkan mPIN.
  4. Telepon terdaftar yang masih aktif adalah telepon aktif yang didaftarkan pada saat pembukaan Rekening, telepon aktif yang di daftarkan melalui cabang, dan telepon aktif yang di daftarkan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
  5. Nasabah wajib membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan CIMB CLICKS yang tersedia pada layanan CIMB CLICKS.
  6. Pada proses pendaftaran, User ID akan disediakan oleh sistem Bank atau dapat dibuat oleh Nasabah pada aplikasi CIMB CLICKS. Nasabah wajib membuat dan/atau menginput Password yang unik, mudah diingat dan tidak mengandung User ID ataupun secure word. Bank hanya menyediakan 1 (satu) User ID untuk setiap Nasabah Pengguna.
  7. Setelah proses pendaftaran selesai, Nasabah Pengguna akan mendapatkan identitas pengguna berupa User ID dan Password untuk masuk ke CIMB CLICKS serta mPIN yang dikirimkan ke Telepon Terdaftar. Nasabah Pengguna wajib melakukan aktivasi atas mPIN melalui CIMB CLICKS untuk dapat melakukan Transaksi pada CIMB CLICKS.

 

KETENTUAN PENGGUNAAN CIMB CLICKS

  1. Nasabah Pengguna dapat menggunakan CIMB CLICKS untuk melaksanakan Transaksi sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Bank.
  2. Untuk menggunakan CIMB CLICKS, Nasabah Pengguna wajib menginput User ID dan Password.
  3. Untuk setiap pelaksanaan Transaksi, Nasabah Pengguna wajib dan bertanggung jawab untuk mengisi dan memastikan semua data dan instruksi secara benar dan lengkap. Bank tidak bertanggung jawab terhadap segala akibat yang timbul yang disebabkan oleh kelalaian, ketidak-lengkapan, ketidak-tepatan atau ketidak-jelasan instruksi dari Nasabah Pengguna.
  4. Pada setiap Transaksi Finansial, sistem CIMB CLICKS akan selalu melakukan konfirmasi terhadap data yang di-input Nasabah Pengguna. Konfirmasi Nasabah Pengguna merupakan persetujuan bahwa data yang disampaikan oleh CIMB CLICKS adalah benar dan persetujuan kepada Bank untuk melaksanakan instruksi Nasabah Pengguna.
  5. Setiap data dan instruksi Transaksi yang telah dilakukan oleh Nasabah Pengguna berdasarkan penggunaan User ID, Password dan/atau mPIN, akan disimpan dalam pusat data Bank dan merupakan data dan instruksi yang benar dan sah, karenanya Bank tidak mempunyai kewenangan untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan Nasabah Pengguna ataupun menilai, melakukan verifikasi maupun membuktikan ketepatan dan/atau kelengkapan data dan instruksi dimaksud. Oleh karena itu data dan instruksi tersebut sah dan mengikat serta dapat diterima sebagai bukti atas instruksi yang diberikan oleh Nasabah Pengguna kepada Bank.
  6. Nasabah Pengguna tidak dapat membatalkan Transaksi yang diinstruksikan kepada Bank yang telah disetujui oleh Nasabah Pengguna, karena dalam waktu yang sama Bank langsung memproses instruksi tersebut.
  7. Bank berhak untuk tidak melaksanakan instruksi dari Nasabah Pengguna, jika saldo Rekening Nasabah Pengguna di Bank tidak mencukupi atau Rekening tidak aktif (dormant) atau Rekening dibebani sita atau diblokir, Bank mengetahui atau mempunyai alasan untuk menduga bahwa penipuan atau aksi kejahatan telah atau akan dilakukan atau berdasarkan pertimbangan lain dari Bank yang akan diberitahukan secara tertulis kepada Nasabah Pengguna.
  8. Untuk setiap instruksi dari Nasabah Pengguna atas Transaksi yang berhasil dilakukan, Nasabah Pengguna akan mendapatkan bukti Transaksi.
  9. Prosedur perubahan Telepon Terdaftar hanya dilaksanakan bagi Nasabah Pengguna yang memenuhi syarat-syarat verifikasi yang dilakukan oleh Bank.

 

KURS

  1. Informasi nilai tukar valuta asing, suku bunga dan kurs lainnya yang disediakan di CIMB CLICKS hanya merupakan indikasi dari kurs yang berlaku saat itu, dan dapat diubah sewaktu-waktu oleh Bank tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  2. Transaksi Nasabah dalam mata uang asing menggunakan kurs yang berlaku di Bank pada saat Transaksi dijalankan.

 

PEMBUKTIAN

  1. Nasabah Pengguna setuju bahwa catatan Bank, tape/cartridge, print out komputer, salinan atau bentuk penyimpanan informasi atau data/dokumen lainnya yang disimpan dan dipelihara oleh Bank merupakan bukti yang sah dan mengikat Nasabah Pengguna dan Bank atas setiap instruksi dari Nasabah Pengguna, demikian juga sarana komunikasi lain yang diterima atau dikirimkan oleh Bank.
  2. Dengan melakukan Transaksi melalui CIMB CLICKS, Nasabah Pengguna mengakui semua komunikasi dan instruksi dari Nasabah Pengguna yang diterima Bank akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani, dan Nasabah Pengguna dengan ini bersedia untuk mengganti rugi serta membebaskan Bank dari segala kerugian, tanggung-jawab, tuntutan dan biaya (termasuk biaya hukum yang layak) yang timbul sehubungan pelaksanaan instruksi tersebut.

 

USER ID, PASSWORD, mPIN DAN KEWAJIBAN NASABAH

  1. User ID, Password dan mPIN merupakan kode yang bersifat rahasia dan kewenangan penggunaannya ada pada Nasabah Pengguna.
  2. User ID dapat diubah 1 (satu) kali oleh Nasabah Pengguna.
  3. Nasabah Pengguna wajib membuat User ID dan password sendiri tanpa bantuan orang lain termasuk keluarga, teman, karyawan Bank maupun Phone Banking Agent.
  4. Nasabah Pengguna wajib meyakinkan bahwa Transaksi dengan menggunakan CIMB CLICKS selalu dilakukan dalam kondisi pengawasan penuh oleh Nasabah Pengguna dan Nasabah Pengguna wajib memastikan bahwa CIMB CLICKS dalam kondisi non-aktif (log-out) setelah selesai penggunaan. Kelalaian Nasabah Pengguna untuk mengakhiri akses CIMB CLICKS seluruhnya menjadi tanggung jawab Nasabah Pengguna.
  5. Nasabah Pengguna wajib mengamankan User ID, Password dan mPIN dengan cara:

i. Tidak menggunakan kata-kata yang mudah diketahui atau ditebak oleh orang lain pada User ID dan Password .

ii. Tidak memberitahukan User ID, Password dan mPIN kepada orang lain termasuk keluarga, teman atau Phone Banking Agent maupun karyawan Bank dengan tujuan dan alasan apapun.

iii. Tidak menuliskan User ID, Password dan mPIN pada meja, terminal atau menyimpannya dalam bentuk tertulis atau pada aplikasi komputer atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui oleh orang lain.

iv. User ID, Password dan mPIN harus digunakan dengan hati-hati agar tidak diketahui oleh orang lain.

v. Mengganti Password CIMB CLICKS secara berkala dan Password tidak dibuat dalam bentuk nomor/angka yang mudah diketahui oleh orang lain, tidak mengandung unsur User ID, secure word atau kombinasi User ID/secure word dengan tanggal lahir.

vi. Serta cara-cara lainnya untuk memastikan tidak disalahgunakannya User ID, Password dan mPIN tersebut oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

6. Nasabah Pengguna wajib menggunakan dan memperbaharui secara berkala anti virus/anti malware untuk melindungi perangkat (device) dan transaksi perbankan dari pencurian User ID dan password.

7. Nasabah Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keamanan dan kerahasiaan User ID, Password,mPIN, dan kartu SIM ponsel serta atas segala instruksi Transaksi yang terjadi berdasarkan penggunaan User ID, Password ,mPIN dan kartu SIM ponsel yang dimiliki Nasabah Pengguna; karenanya atas segala bentuk kesalahan/kelalaian Nasabah Pengguna yang menyebabkan penyalahgunaan User ID, Password, mPIN dan kartu SIM ponsel, termasuk namun tidak terbatas melalui sistem ambil alih kartu SIM ponsel (SIM Card take over), kejahatan malware, virus sepenuhnya merupakan tanggung jawab Nasabah Pengguna.

8. Penggunaan User ID, Password dan/atau mPIN mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Nasabah Pengguna, karenanya Nasabah Pengguna dengan ini menyatakan bahwa penggunaan User ID, Password dan/atau mPIN dalam setiap perintah atas Transaksi CIMB CLICKS juga merupakan pemberian kuasa dari Nasabah Pengguna kepada Bank untuk melaksanakan Transaksi termasuk dan tidak terbatas untuk melakukan pendebetan Rekening Nasabah Pengguna pada Bank baik dalam rangka pelaksanaan Transaksi yang diperintahkan maupun untuk pembayaran biaya Transaksi.

9. Nasabah Pengguna dapat melakukan perubahan Password melalui CIMB CLICKS dan jika Password hilang atau tidak dapat diingat maka Nasabah Pengguna harus melakukan penghapusan fasilitas CIMB CLICKS dan melakukan pendaftaran ulang melalui ATM, SST atau website CIMB CLICKS atau media lain yang ditentukan oleh Bank, dan mengikuti tata cara pendaftaran dan pengaktifan sebagaimana diatur dalam ketentuan mengenai Pendaftaran dan Pengaktifan CIMB Clicks di atas. Penghapusan CIMB CLICKS harus dilakukan secara tertulis melalui Cabang Bank, ATM atau SST.

10. User ID dan Password Nasabah Pengguna akan terblokir jika terjadi hal-hal sebagai berikut:

i. Apabila Nasabah Pengguna salah memasukkan Password sebanyak 3 (tiga) kali dalam atau pada saat log-in.

ii. Apabila Nasabah Pengguna tidak menggunakan fasilitas CIMB CLICKS selama 45 (empat puluh lima) hari sejak dikirimnya User ID/Password.

iii. Apabila Nasabah Pengguna salah memasukkan mPIN sebanyak 3 (tiga) kali pada saat melakukan Transaksi Finansial.

iv. Terdapat permintaan dari Nasabah Pengguna untuk melakukan pemblokiran atas User ID dan atau Password dan atau mPIN Nasabah Pengguna dalam hal Nasabah Pengguna mengetahui atau menduga User ID, Password dan atau mPIN Nasabah Pengguna telah diketahui oleh orang lain yang tidak berwenang dan telah dilaporkan oleh Nasabah Pengguna untuk dilakukan pemblokiran. Nasabah Pengguna dapat mengaktifkan kembali User ID Nasabah Pengguna dengan menghubungi Phone Banking atau media lainnya yang akan ditetapkan oleh Bank.

 

ELECTRONIC MAIL (“E-MAIL”)

  1. Nasabah Pengguna wajib memberikan alamat e-mail pada saat melakukan pendaftaran di CIMB CLICKS, untuk mengirim informasi Transaksi yang telah dilakukan oleh Nasabah Pengguna melalui CIMB CLICKS.
  2. Bank tidak menjamin keamanan informasi atau data yang dikirim kepada Bank melalui e-mail yang tidak terdapat dan/atau terdaftar pada database CIMB CLICKS, yang tidak dalam format yang aman yang disetujui atau ditentukan oleh Bank.

 

BIAYA, LIMIT TRANSAKSI & KUASA DEBET REKENING

  1. Bank berhak membebankan biaya kepada Nasabah Pengguna atas setiap aktifitas Rekening Nasabah Pengguna yang dilakukan melalui CIMB CLICKS, termasuk namun tidak terbatas pada Transaksi Finansial Nasabah Pengguna yang dilakukan melalui CIMB CLICKS. Ketentuan mengenai biaya sepenuhnya ditentukan oleh Bank dan akan diinformasikan kepada Nasabah.
  2. Selain biaya sebagaimana tersebut di atas, Nasabah Pengguna juga akan menanggung biaya SMS yang digunakan dengan tarif yang sudah ditentukan oleh penyedia jasa telekomunikasi berdasarkan perjanjian yang dibuat oleh Bank dan penyedia jasa terlekomunikasi, yang antara lain terdiri dari biaya menerima SMS mPIN.
  3. Dengan ini Nasabah Pengguna memberikan kuasa kepada Bank untuk mendebet Rekening Nasabah Pengguna di Bank untuk jumlah sebesar nilai Transaksi Finansial sesuai instruksi Nasabah Pengguna kepada Bank melalui CIMB CLICKS maupun sebesar biaya terkait dengan Transaksi.
  4. Pada saat ini limit Transaksi yang dapat dilakukan oleh Nasabah Pengguna melalui CIMB CLICKS merupakan satu kesatuan dengan limit produk yang diakses oleh Nasabah Pengguna.

 

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

  1. Kebenaran dan keabsahan data yang diinput/dimasukkan sehubungan dengan Transaksi, termasuk keseluruhan data pada Aplikasi Pembukaan Rekening melalui CIMB CLICKS merupakan tanggung jawab Nasabah Pengguna sepenuhnya.
  2. Nasabah Pengguna bertanggung jawab dan wajib segera melaporkan kepada Bank apabila:

i. Nasabah Pengguna tidak lagi menggunakan Telepon Terdaftar;

ii. Mengetahui adanya indikasi penggandaan sistem yang digunakan untuk kepentingan Transaksi atau

iii. terdapat penggunaan dan/atau perubahan oleh pihak yang tidak berwenang.

3. Seluruh resiko yang mungkin timbul akibat kelalaian dan/atau penyalahgunaan dan/atau gangguan terkait dengan pelaksanaan Transaksi yang bukan karena kesalahan/kelalaian Bank menjadi tanggung jawab Nasabah Pengguna sepenuhnya. Nasabah Pengguna dengan ini membebaskan Bank dari segala tuntutan yang mungkin timbul, baik dari pihak lain maupun Nasabah Pengguna sendiri sebagai akibat kelalaian dan/atau penyalahgunaan dan/atau gangguan terkait dengan Transaksi, seperti namun tidak terbatas pada kelalaian dan/atau penyalahgunaan dan/atau gangguan yang terjadi akibat:

i. mewakilkan pelaksanaan Transaksi melalui CIMB CLICKS kepada pihak ketiga lainnya;

ii. kesalahan pengisian data terkait Transaksi ;

iii. kelalaian/kesalahan dalam mengikuti instruksi, prosedur dan petunjuk penggunaan terkait dengan Transaksi;

iv. gangguan dari virus atau perangkat perusak (malware) pada sistem maupun jaringan terkait yang digunakan terkait dengan kepentingan Transaksi;

v. kerusakan pada perangkat keras dan perangkat lunak dari operator selular maupun media terkait lain yang digunakan untuk Transaksi;

vi. keterlambatan atau kegagalan pelaksanaan atau atas ketepatan setiap data atau instruksi yang diberikan oleh Pengguna karena kelalaian Pengguna sendiri atau pihak ketiga.

  1. Jika ada sanggahan transaksi yang dilakukan melalui CIMB Clicks, segera ajukan laporan ke bank selambat-lambatnya 2 X 24 Jam sejak transaksi terjadi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Keterlambatan pelaporan, kerugian sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab Nasabah Pengguna.
  2. Bank tidak akan memintakan informasi terkait User ID, password dan mPIN CIMB Clicks maupun hal-hal lainnya yang bersifat rahasia kepada Nasabah Pengguna untuk alasan apa pun seperti: undian hadiah, pengkinian data, pembaruan atau pemeliharaan sistem, pembatalan asuransi, dan lain-lain sebagainya.

PENGAKHIRAN LAYANAN CIMB CLICKS

  1. Nasabah Pengguna setuju bahwa Bank berhak untuk sewaktu-waktu menghentikan CIMB CLICKS baik seluruh atau sebagian layanan yang terdapat dalam sistem CIMB CLICKS untuk sementara waktu maupun untuk jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Bank, termasuk namun tak terbatas dalam hal :

i. Terdapat kewajiban bagi Bank untuk melaksanakan suatu keharusan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku;

ii. Menurut pertimbangan Bank terdapat indikasi adanya penyalahgunaan CIMB CLICKS atau indikasi pelanggaran hukum lainnya;

iii. Terdapat gangguan Sistem yang mengakibatkan Bank memutuskan untuk dilakukannya penghentian sebagian atau seluruh layanan dalam CIMB CLICKS;

iv. untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan atau untuk tujuan lain dengan alasan apapun yang dianggap baik oleh Bank, dan untuk itu Bank tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun.

v. Atas penghentian tersebut, Bank akan menyampaikan pemberitahuan kepada Nasabah Pengguna melalui media pemberitahuan/pengumuman yang lazim digunakan Bank untuk keperluan tersebut, atau media perbankan elektronik yang mudah diakses Nasabah Pengguna.

2. Layanan CIMB CLICKS akan berakhir apabila :

i. Nasabah Pengguna menutup semua Rekening yang dapat diakses melalui layanan CIMB CLICKS atau atas permohonan Nasabah Pengguna sendiri.

ii. adanya laporan tertulis dari Nasabah Pengguna yang diterima oleh Bank mengenai dugaan atau diketahuinya User ID, Password dan mPIN oleh pihak yang tidak berwenang.

iii. Terdapat permintaan tertulis dari Nasabah Pengguna kepada Bank untuk menghentikan layanan CIMB CLICKS.

3. Sehubungan dengan pengakhiran layanan tersebut, Nasabah Pengguna setuju untuk membebaskan Bank dari segala tuntutan maupun kerugian yang mungkin timbul akibat pengakhiran dan/atau penangguhan seluruh atau sebagian menu dalam CIMB CLICKS.

FORCE MAJEURE

Nasabah Pengguna akan membebaskan Bank dari segala bentuk tuntutan, dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan instruksi dari Nasabah Pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Bank, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, pemberontakan, pemogokan, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, ketentuan pihak yang berwenang yang ada saat ini maupun yang akan datang, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Bank.

PENANGANAN KELUHAN/PENGADUAN

  1. Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan terkait dengan transaksi yang dilakukan, maka Nasabah Pengguna dapat mengajukan keluhan baik secara tertulis ke cabang Bank dan/atau secara lisan melalui Phone Banking 14041 atau email 14041@cimbniaga.co.id.
  2. Nasabah Pengguna dapat mengajukan keluhan atas dispute transaksi maksimal 30 (tiga puluh) hari kerja dari tanggal Transaksi.
  3. Dalam hal pengajuan keluhan dilakukan secara tertulis, Nasabah Pengguna wajib melampirkan copy bukti- bukti Transaksi dan bukti pendukung lainnya.
  4. Bank akan melakukan pemeriksaan/investigasi atas pengaduan Nasabah Pengguna sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Bank.

LAIN-LAIN

  1. Apabila terjadi perubahan Syarat dan Ketentuan CIMB Clicks dan hal lain yang terkait dengan CIMB Clicks, Bank akan memberitahukan kepada Nasabah Pengguna melalui pengumuman di kantor cabang Bank atau media lain yang mudah diakses oleh Nasabah Pengguna seperti media perbankan elektronik dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Nasabah Pengguna tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada Bank serta semua jasa atau fasilitas dan semua Transaksi yang dicakup oleh CIMB CLICKS.
  3. Syarat dan Ketentuan ini tunduk dan merupakan satu kesatuan serta bagian yang tidak terpisahkan dari Aplikasi Pembukaan Rekening dan Ketentuan dan Persyaratan Umum Pembukaan Rekening yang telah ditandatangani oleh Nasabah Pengguna.
  4. Kuasa-kuasa baik yang tersurat dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan kuasa yang sah yang tidak akan berakhir selama Nasabah Pengguna masih memperoleh layanan CIMB CLICKS atau masih ada kewajiban lain dari Nasabah Pengguna kepada Bank.
  5. Dengan menggunakan CIMB CLICKS dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Nasabah Pengguna mengikatkan diri pada seluruh Syarat dan Ketentuan CIMB CLICKS dan menyatakan bahwa Bank telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik CIMB CLICKS yang akan Nasabah Pengguna manfaatkan dan Nasabah Pengguna telah mengerti dan memahami segala konsekuensi pemanfaatan CIMB CLICKS, termasuk manfaat, risiko dan biaya-biaya yang melekat pada CIMB CLICKS.
  6. Syarat dan Ketentuan CIMB CLICKS ini berikut seluruh perubahan atau penambahannya dan atau pembaharuannya dibuat, ditafsirkan dan dilaksanakan berdasarkan Hukum Negara Republik Indonesia. Setiap sengketa yang timbul menurut atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan CIMB CLICKS ini akan diselesaikan dengan cara sebagai berikut :

a. Para pihak setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan atau berkenaan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan CIMB CLICKS ini sepanjang memungkinkan akan diselesaikan dengan cara musyawarah.

b. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah oleh para pihak, akan diselesaikan melalui mediasi di bidang Perbankan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

c. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan baik secara musyawarah dan/atau mediasi di bidang perbankan, akan diselesaikan melalui salah satu Pengadilan Negeri di wilayah Republik Indonesia dengan tidak mengurangi hak dari Bank untuk mengajukan gugatan kepada Pengguna melalui Pengadilan lainnya baik di dalam maupun di luar wilayah Republik Indonesia dan Nasabah Pengguna dengan ini menyatakan melepaskan haknya untuk mengajukan eksepsi mengenai kekuasaan relative terhadap Pengadilan yang dipilih oleh pihak Bank.

7. Syarat dan Ketentuan CIMB CLICKS ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.