Versi 2.0
Tanggal efektif: 2 Desember 2024
Tentang Pemberitahuan Privasi
Dalam Pemberitahuan Privasi ini, penggunaan istilah dijelaskan sebagai berikut:
“CIMB Niaga” adalah PT Bank CIMB Niaga Tbk;
“Grup” adalah perusahaan induk dan anak perusahaan CIMB Niaga;
“Pihak Ketiga” adalah setiap pihak yang memiliki hubungan bisnis dengan CIMB Niaga termasuk mitra bisnis, vendor, perusahaan alih daya dan / atau pihak lain yang CIMB Niaga tunjuk untuk mewakili CIMB Niaga;
“Layanan” adalah
- Jasa perbankan dari CIMB Niaga meliputi seluruh layanan simpanan, pinjaman, dan layanan perbankan lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada produk investasi, bancassurance, treasury, internet banking, mobile banking dan custodian:
- Situs web, fitur, aplikasi, media sosial, atau bentuk media komunikasi lainnya yang disediakan atau digunakan oleh CIMB Niaga:
“Subjek Data Pribadi” atau “Anda” adalah semua pemilik Data Pribadi yang menggunakan Layanan termasuk namun tidak terbatas pada nasabah dan individu-individu yang ditunjuk dan / atau berwenang untuk mewakili nasabah CIMB Niaga, dan pengunjung atau pengguna situs web maupun aplikasi CIMB Niaga di mana Pemberitahuan Privasi ini berlaku dan ditampilkan;
“Data Pribadi” adalah data tentang orang perseorangan yang dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik;
“Pemrosesan Data Pribadi” adalah aktivitas memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, memperbaiki, memperbarui, menyebarluaskan, menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, mengungkapkan, menghapuskan, dan memusnahkan Data Pribadi; dan
“Undang-undang Pelindungan Data Pribadi” adalah Undang-Undang No. 27 tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi serta peraturan turunannya dan segala perubahannya dari waktu ke waktu
Pemberitahuan Privasi ini menjelaskan bagaimana CIMB Niaga memproses Data Pribadi Anda dalam rangka menyediakan Layanan CIMB Niaga.
Data Pribadi yang CIMB Niaga Kumpulkan
Dalam rangka penyelenggaraan Layanan, CIMB Niaga mengumpulkan Data Pribadi Anda dalam berbagai bentuk ketika Anda atau individu yang berwenang untuk mewakili Anda, antara lain:
- Meminta informasi, mendaftar dan menggunakan Layanan CIMB Niaga dan/atau Pihak Ketiga melalui formulir elektronik atau non elektronik yang disediakan oleh CIMB Niaga;
- Menghubungi CIMB Niaga untuk menyampaikan pertanyaan atau umpan balik melalui kantor cabang, Contact Center, media sosial, layanan chatbot dan media komunikasi lainnya yang CIMB Niaga sediakan;
- Mengunjungi situs web CIMB Niaga atau menggunakan aplikasi CIMB Niaga; dan/atau
- Berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan oleh CIMB Niaga atau Pihak Ketiga yang CIMB Niaga tunjuk seperti webinar atau survei.
Bergantung pada Layanan yang Anda gunakan, CIMB Niaga juga dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dari pihak lainnya, antara lain:
- Pihak yang Anda kuasakan (berdasarkan Surat Kuasa atau Power of Attorney) untuk memberikan informasi, keterangan dan/atau instruksi baik secara tertulis maupun verbal, memberikan data atau bukti pendukung terkait informasi Anda, mengelola akun Anda dan mengambil keputusan atas nama Anda;
- Pemegang Rekening Gabungan (Joint Account) Anda;
- Grup dan/atau Pihak Ketiga untuk tujuan penyediaan Layanan CIMB Niaga;
- Biro kredit atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan;
- Tempat Anda bekerja atau perusahaan yang terafiliasi dengan Anda;
- Nasabah CIMB Niaga;
- Pihak-pihak lain yang merujuk Anda kepada CIMB Niaga misalnya untuk referral program;
- Penanggung dan / atau pemberi agunan atas pinjaman Anda;
- Institusi keuangan, lembaga pemerintahan dan pihak yang berwenang lainnya;
- Situs/aplikasi pihak lain yang menggunakan Application Programming Interface (API) CIMB Niaga atau yang digunakan CIMB Niaga; dan/atau
- Sumber informasi publik lainnya, antara lain: layanan media sosial, layanan informasi keuangan (SLIK) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), informasi kependudukan yang terdaftar pada Dukcapil, informasi perusahaan yang terdaftar pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Bergantung pada Layanan yang Anda gunakan dan interaksi Anda dengan CIMB Niaga, Data Pribadi Anda yang CIMB Niaga kumpulkan termasuk namun tidak terbatas pada:
Kategori Data Pribadi | Contoh Data Pribadi |
Informasi pribadi dan kontak | Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama gadis Ibu Kandung, alamat tempat tinggal, nomor telepon rumah dan ponsel, alamat surat elektronik |
Informasi sosio-demografis | Jenis kelamin, kewarganegaraan, status pekerjaan, status perkawinan dan jumlah tanggungan |
Dokumen identitas | Kartu Tanda Penduduk, Paspor, Nomor Pokok Wajib Pajak, Kartu Keluarga, Kartu Induk Anak, Surat Izin Mengemudi, Kartu Izin Tinggal Tetap |
Informasi pendidikan dan pekerjaan | Riwayat pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, jabatan, nama perusahaan, alamat dan nomor telepon kantor, lama bekerja |
Informasi kesehatan | Catatan atau keterangan individu yang berkaitan dengan kesehatan fisik, kesehatan mental, dan / atau pelayanan kesehatan |
Informasi keuangan | Informasi penghasilan dan sumber dana, salinan rekening koran, informasi aset, histori kredit termasuk informasi kartu kredit dan kewajiban kredit lainnya |
Informasi transaksi | Waktu, lokasi dan nominal transaksi masuk/keluar, detail penerima/pengirim dana |
Informasi biometrik | Sidik jari atau gambar wajah yang dikumpulkan untuk tujuan identifikasi dan verifikasi |
Informasi digital |
|
Informasi interaksi | Rekaman CCTV di lingkungan CIMB Niaga, rekaman percakapan telepon Contact Center, transkrip percakapan melalui media komunikasi CIMB Niaga termasuk Whatsapp, surat elektronik, media sosial dan chatbot |
Informasi olahan | Informasi yang didapatkan dari hasil pengolahan data Anda termasuk namun tidak terbatas pada) pemrofilan (profiling) dari aktivitas pemakaian Layanan CIMB Niaga |
Informasi lainnya | Data Pribadi lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku |
Dalam kesempatan tertentu, CIMB Niaga juga mengumpulkan Data Pribadi anak di bawah umur 18 tahun dimana CIMB Niaga mendapat persetujuan dari orang tua / wali anak dan Data Pribadi penyandang disabilitas dimana persetujuan diberikan oleh penyandang disabilitas dan / atau wali penyandang disabilitas yang bersangkutan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
Penggunaan Data Pribadi Anda
Tujuan dan dasar hukum Pemrosesan Data Pribadi
CIMB Niaga hanya akan memproses Data Pribadi Anda sesuai dengan dasar hukum Pemrosesan Data Pribadi yang sah termasuk:
- Kewajiban kontraktual – CIMB Niaga memproses Data Pribadi Anda untuk memenuhi kewajiban CIMB Niaga dalam perjanjian antara Anda dan CIMB Niaga atau sebelum melakukan perjanjian dengan Anda
- Kewajiban hukum – CIMB Niaga memproses Data Pribadi Anda untuk memenuhi kewajiban hukum CIMB Niaga sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
- Kepentingan sah – CIMB Niaga memproses Data Pribadi Anda untuk memenuhi kepentingan CIMB Niaga yang sah dengan tidak mengesampingkan hak Subjek Data Pribadi, terutama dalam upaya meningkatkan Layanan CIMB Niaga
- Kepentingan publik – CIMB Niaga memproses Data Pribadi Anda untuk melaksanakan tanggung jawab CIMB Niaga dalam rangka menjaga kepentingan umum, memberikan pelayanan publik dan memenuhi kewenangan CIMB Niaga berdasarkan peraturan perundang-undangan
- Kepentingan vital – CIMB Niaga memproses Data Pribadi untuk memenuhi pelindungan kepentingan vital Subjek Data Pribadi
- Persetujuan eksplisit – CIMB Niaga memproses Data Pribadi Anda untuk tujuan tertentu berdasarkan persetujuan Anda atau pihak yang berwenang untuk mewakili Anda
Tujuan CIMB Niaga memproses Data Pribadi Anda adalah sebagai berikut:
- Penyediaan Layanan dan dukungan pengguna, termasuk untuk:
- Mengelola hubungan CIMB Niaga dengan Anda atau bisnis Anda
- Melaksanakan permintaan Anda, misalnya menjalankan instruksi transfer dana atau pembayaran tagihan, memenuhi permintaan dokumen dan melakukan pengkinian Data Pribadi
- Mengelola Layanan CIMB Niaga yang Anda gunakan
- Menganalisis dan memproses pengajuan Anda untuk Layanan CIMB Niaga, misalnya melakukan analisa kredit untuk pengajuan layanan pinjaman
- Berkomunikasi dengan Anda secara tatap muka atau melalui telepon, surat elektronik, surat pos, SMS, Whatsapp, chatbot dan media sosial terkait Layanan CIMB Niaga (selain tujuan penawaran Layanan), misalnya: informasi terkait fitur atau manfaat Layanan, notifikasi transaksi, pemberitahuan perubahan Syarat dan Ketentuan Layanan
- Memberikan layanan dukungan pengguna, misalnya menanggapi pertanyaan, umpan balik dan keluhan Anda, dan menyimpan rekaman interaksi tersebut
- Menjalankan kegiatan penyediaan Layanan dan meningkatkan kinerja bisnis CIMB Niaga misalnya: mengelola transaksi Anda, melakukan kegiatan serta komunikasi terkait penagihan pinjaman
- Memberikan informasi terkait fitur, promosi dan manfaat dari Layanan kami melalui media komunikasi yang CIMB Niaga gunakan
- Mengevaluasi, meningkatkan, memperbarui dan melakukan penyelesaian masalah (troubleshoot) Layanan CIMB Niaga dari waktu ke waktu.
- Pemenuhan Kewajiban Hukum, termasuk untuk:
- Melaksanakan prinsip Know Your Customer (KYC) dan Customer Due Diligence (CDD) untuk penerapan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) dan verifikasi kebenaran informasi Anda terkait penggunaan Layanan yang CIMB Niaga sediakan
- Menjalankan manajemen risiko dan keamanan, termasuk namun tidak terbatas pada:
- Melindungi keamanan CIMB Niaga, Anda dan pihak ketiga lainnya misalnya dengan menggunakan pengawasan kamera CCTV di lingkungan CIMB Niaga
- Menjalankan kepentingan audit internal
- Melakukan investigasi internal terkait tindak pidana di lingkungan CIMB Niaga atau pelanggaran peraturan atau kebijakan CIMB Niaga
- Mencegah, mendeteksi dan melakukan investigasi atas aktivitas yang mencurigakan dan / atau melanggar hukum seperti fraud, pencucian uang, pendanaan terorisme, suap dan korupsi
- Mendeteksi, mengukur dan mencegah risiko finansial, kredit, pasar, likuiditas, operasional, hukum, reputasi, stratejik, kepatuhan, imbal hasil (rate of return risk), dan investasi (equity investment risk)
- Menyampaikan laporan sesuai ketentuan regulasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan dan pihak yang berwenang lainnya
- Menjalankan kewajiban CIMB Niaga dalam rangka pemenuhan kepentingan:
- Pertahanan dan keamanan nasional;
- Proses penegakan hukum;
- Penyelenggaraan negara;
- Pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan;
- Statistik dan penelitian ilmiah dalam rangka penyelenggaraan negara; dan/atau
- Keadaan darurat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.
- Menjalankan dan mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan dan ketentuan regulasi yang berlaku
- Kepentingan CIMB Niaga yang sah, termasuk untuk:
- Operasional bisnis, misalnya:
- Menganalisis dan memahami tren dan perilaku Anda dalam menggunakan Layanan CIMB Niaga termasuk mengkaji rekaman interaksi CIMB Niaga dengan Anda untuk tujuan melengkapi dan meningkatkan kualitas Layanan CIMB Niaga, pelatihan karyawan dan mematuhi ketentuan yang berlaku
- Melakukan riset pasar dan membuat laporan analisis untuk keperluan pengembangan Layanan
- Mengelola strategi bisnis termasuk perencanaan kapabilitas bisnis CIMB Niaga
- Kegiatan riset dan pemasaran, misalnya:
- Mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran Layanan CIMB Niaga misalnya iklan televisi, media cetak, billboard, social media marketing, Search Engine Optimization (SEO)
- Menganalisis bagaimana Anda menggunakan Layanan CIMB Niaga untuk kepentingan pemasaran Layanan
- Melakukan riset, uji, analisis dan pengembangan Layanan baru termasuk fitur baru pada Layanan yang sudah berjalan
- Memenuhi kepentingan CIMB Niaga lainnya terkait penyediaan Layanan CIMB Niaga yang mungkin diatur pada syarat dan ketentuan Layanan terkait.
- Operasional bisnis, misalnya:
- Kegiatan penawaran, termasuk untuk:
- Berkomunikasi dengan Anda secara langsung melalui telepon, e-mail, SMS, Whatsapp dan media sosial, baik menggunakan layanan komunikasi milik CIMB Niaga atau pihak ketiga yang CIMB Niaga tunjuk, dalam rangka melakukan penawaran Layanan secara langsung; atau
- Memberikan Data Pribadi Anda kepada Grup dan Pihak Ketiga sebagaimana diperbolehkan berdasarkan hukum yang berlaku untuk tujuan komersial dan penawaran langsung seperti termasuk cross-selling
CIMB Niaga akan meminta persetujuan Anda secara terpisah untuk kegiatan penawaran sebagaimana dicantumkan di atas yang dapat disampaikan melalui permintaan persetujuan secara elektronik dan/atau non elektronik. Setelah memberikan persetujuan, Anda juga dapat sewaktu-waktu menarik persetujuan Pemrosesan Data Pribadi Anda untuk tujuan kegiatan penawaran ini dengan menghubungi Kontak CIMB Niaga seperti yang tertera di Pemberitahuan Privasi ini.
Kegagalan Anda dalam Memberikan Data Pribadi Anda kepada CIMB Niaga
Untuk kepentingan penyediaan Layanan dan kepuasan pelanggan, CIMB Niaga membutuhkan Data Pribadi Anda. Dalam hal Anda gagal dan/atau tidak berkenan memberikan Data Pribadi Anda yang CIMB Niaga butuhkan untuk menyediakan Layanan dan memenuhi kewajiban hukum CIMB Niaga, CIMB Niaga mungkin tidak dapat memenuhi kewajiban CIMB Niaga untuk menyediakan Layanan kepada Anda ataupun memproses permohonan Anda untuk mendapatkan Layanan CIMB Niaga.
Pihak yang mungkin menerima Data Pribadi Anda
Dalam rangka melaksanakan tujuan Pemrosesan Data Pribadi di atas, CIMB Niaga mungkin mengungkapkan Data Pribadi Anda ke pihak lain. Pengungkapan ini dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek pengamanannya termasuk penandatanganan perjanjian Pemrosesan Data Pribadi atau perjanjian kerahasiaan untuk memastikan kerahasiaan Data Pribadi Anda tetap terjaga dan tidak ada data-data yang disalahgunakan.
Pihak yang mungkin menerima Data Pribadi Anda termasuk namun tidak terbatas pada:
- Grup untuk keperluan pelaporan internal dalam bentuk ringkasan atau atas dasar kepentingan yang sah misalnya penyediaan Layanan kepada Anda;
- Perusahaan vendor, alih daya serta penyedia jasa layanan lainnya yang menyediakan jasanya untuk dan / atau atas nama CIMB Niaga misalnya penyedia jasa pengambilan uang tunai, percetakan dan pengiriman dokumen, penagihan hutang, telemarketing atau pemeriksaan latar belakang, lembaga riset, Kantor Jasa Penilai Publik, Notaris dan PPAT, lembaga riset,penyedia jasa skor kredit, penyedia layanan verifikasi, autentikasi, analisis, promosi, deteksi penipuan, pembayaran, atau dukungan pelanggan lainnya. CIMB Niaga memastikan bahwa vendor dan/atau penyedia jasa pihak ketiga tersebut hanya akan menggunakan Data Pribadi Anda terbatas pada keperluannya untuk mendukung Layanan CIMB Niaga kepada Anda;
- Mitra bisnis yang bekerja sama dengan CIMB Niaga untuk menyediakan Layanan yang Anda gunakan termasuk mitra bisnis yang telah mengintegrasikan API atau layanannya dengan CIMB Niaga, misalnya layanan kartu kredit Co-Branding, layanan Kredit Pemilikan Rumah, layanan debit instan pada aplikasi belanja online yang menjadi mitra bisnis CIMB Niaga, layanan Travel Concierge pada aplikasi mobile banking CIMB Niaga atau layanan bancassurance dengan mitra asuransi CIMB Niaga. CIMB Niaga dan mitra bisnis CIMB Niaga memiliki tanggung jawab yang seimbang untuk melindungi Data Pribadi Anda sehingga khusus Layanan dimana CIMB Niaga bekerjasama dengan mitra bisnis/pihak lain, CIMB Niaga menghimbau Anda juga membaca Pemberitahuan Privasi dari mitra bisnis/pihak lain terkait untuk mengetahui tujuan dan dasar mereka melakukan Pemrosesan Data Pribadi Anda;
- Penyedia layanan pemrosesan pembayaran, misalnya Visa dan Mastercard yang membantu pemrosesan pembayaran saat Anda bertransaksi menggunakan kartu debit/kredit Anda;
- Penyedia jasa keuangan termasuk bank lainnya misalnya untuk keperluan penyelesaian transaksi antarbank atau untuk keperluan pengalihan layanan perbankan atas permintaan Anda;
- Kustodian Sentral Efek Indonesia, Manajer Investasi dan Bank Kustodian apabila Anda menggunakan layanan Wealth Management CIMB Niaga;
- Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan atau pihak ketiga lainnya untuk keperluan analisa kelayakan kredit apabila Anda mengajukan permohonan pinjaman atau berperan sebagai penjamin pinjaman pihak lain (guarantor);
- Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Kementerian Keuangan, OJK, Bank Indonesia, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Kantor Pajak dan pihak berwenang lainnya;
- Pemegang Rekening Gabungan Anda, penanggung dan / atau penjamin pinjaman atau pemilik manfaat Anda; dan/atau
- Pihak yang Anda kuasakan.
Pemrosesan Data Pribadi secara otomatis
CIMB Niaga mungkin menggunakan sistem otomasi dalam memproses Data Pribadi Anda termasuk pemrofilan untuk mendukung aktivitas penyediaan Layanan dan operasional bisnis CIMB Niaga serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan atau diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Anda berhak untuk mengajukan keberatan atas keputusan yang sepenuhnya didasarkan pada Pemrosesan Data Pribadi secara otomatis dan meminta CIMB Niaga untuk melakukan peninjauan kembali.
Penggunaan Cookies
CIMB Niaga menggunakan teknologi cookies yang mengumpulkan informasi saat Anda mengakses situs web CIMB Niaga dan disimpan dalam bentuk file kecil pada perangkat Anda. Cookies dapat membantu CIMB Niaga menyimpan rekam jejak dan aktivitas yang Anda lakukan dan memahami ketertarikan dan preferensi Anda saat menelusuri situs web CIMB Niaga, termasuk bagaimana Anda memasuki situs web CIMB Niaga (baik melalui mesin pencari atau tautan dari situs web CIMB Niaga). Anda dapat mengakses menu Pengaturan Cookies pada laman web CIMB Niaga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait jenis cookies yang CIMB Niaga gunakan dan juga mengatur persetujuan penggunaan cookies.
Penyimpanan Data Pribadi
CIMB Niaga menyimpan Data Pribadi Anda sepanjang Anda masih menggunakan Layanan CIMB Niaga, selama masih berlakunya hubungan perjanjian CIMB Niaga dengan Anda, ketika tujuan pengumpulan Data Pribadi Anda belum terpenuhi, atau sesuai dengan masa penyimpanan atau retensi yang diatur dalam kebijakan internal CIMB Niaga atau sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sebagian Data Pribadi Anda juga mungkin disimpan oleh Pihak Ketiga yang bekerja sama dengan CIMB Niaga untuk menyediakan Layanan yang Anda gunakan dengan tetap memperhatikan aspek-aspek pengamanan data dan memenuhi kewajiban pelindungan Data Pribadi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Selain itu, CIMB Niaga juga memiliki kewajiban hukum untuk menyimpan Data Pribadi Anda apabila berkaitan dengan penyelesaian proses hukum suatu perkara yang sedang berlangsung. CIMB Niaga akan melakukan tindakan yang wajar secara komersial untuk menghapus, melakukan de-identifikasi atau memusnahkan Data Pribadi yang telah habis masa retensinya dan tidak mempunyai kepentingan hukum atau bisnis.
Dalam hal CIMB Niaga membagikan Data Pribadi Anda kepada institusi pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan CIMB Niaga, Anda menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Anda oleh institusi terkait akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing institusi tersebut.
Hak dan Kewajiban Anda
Hak Subjek Data Pribadi
Anda memiliki hak-hak Subjek Data Pribadi yang diatur dalam Undang-undang Pelindungan Data Pribadi sebagai berikut:
- Mengakses dan memperoleh salinan Data Pribadi Anda
- Melengkapi, memperbarui dan/atau memperbaiki kesalahan dan ketidakakuratan Data Pribadi Anda
- Menarik persetujuan Pemrosesan Data Pribadi
- Mengakhiri pemrosesan, meminta penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi Anda
- Menunda dan/atau membatasi Pemrosesan Data Pribadi Anda yang CIMB Niaga lakukan
Untuk mengajukan permintaan hak Anda, Anda dapat menghubungi Kontak CIMB Niaga yang terdapat dalam Pemberitahuan Privasi ini atau mengunjungi cabang CIMB Niaga terdekat. Dalam mengakomodir permintaan Anda, CIMB berhak meminta dokumen pendukung dan/atau melakukan verifikasi terhadap perubahan, penambahan, atau pembaruan informasi dan Data Pribadi tersebut sesuai dengan prosedur CIMB Niaga. CIMB Niaga akan mempertimbangkan setiap permintaan Anda dengan memperhatikan semua peraturan perundang-undangan.
Untuk menghindari keraguan, CIMB Niaga berhak untuk menolak permintaan Anda, apabila:
- Permintaan Anda tidak relevan dengan Data Pribadi yang disimpan oleh CIMB Niaga, termasuk dan tidak terbatas pada apabila pihak yang meminta Data Pribadi pihak lain yang mana pihak tersebut tidak dapat membuktikan secara sah bahwa pihak tersebut berwenang atas Data Pribadi yang diminta; dan/atau
- CIMB Niaga tidak diperbolehkan untuk melaksanakan permintaan Anda oleh otoritas berwenang dan/atau kebijakan internal CIMB Niaga yang berdasarkan dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.
Kewajiban Anda
Anda bertanggung jawab untuk berperan aktif memastikan keakuratan Data Pribadi Anda. Anda wajib memberitahu dan meminta CIMB Niaga untuk memperbaiki, melengkapi dan/atau memperbarui Data Pribadi Anda. Dalam hal terdapat ketidakakuratan dalam pemberian Data Pribadi dari Anda dan, dengan upaya yang wajar, CIMB Niaga tidak dapat memverifikasi ketidakakuratan tersebut, CIMB Niaga berhak menghentikan Layanan dan/atau menolak permintaan transaksi berdasarkan pengetahuan dan pertimbangan CIMB Niaga.
Anda juga bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detil Data Pribadi Anda, termasuk informasi mengenai nama pengguna (username), sandi (password), alamat surat elektronik, maupun OTP (one time password) yang mungkin CIMB Niaga kirimkan kepada Anda dari waktu ke waktu terhadap siapapun dan untuk selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.
Keamanan Data Pribadi
Kerahasiaan Data Pribadi Anda adalah hal yang terpenting bagi CIMB Niaga. CIMB Niaga akan terus mengambil langkah – langkah yang diperlukan untuk melindungi dan mengamankan Data Pribadi Anda dari Pemrosesan Data Pribadi oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Namun tidak ada transmisi data melalui internet atau jaringan nirkabel yang dapat dijamin. Karena itu, sementara CIMB Niaga selalu berusaha mengamankan Data Pribadi dan Informasi Rahasia Anda, Anda mengakui bahwa:
- Ada batasan keamanan dan privasi dari internet yang berada di luar kendali CIMB Niaga;
- Keamanan, integritas, dan kerahasiaan dari setiap dan informasi dan data yang dipertukarkan antara Anda dan situs web CIMB Niaga tidak dapat dijamin, dan
- Informasi dan data tersebut dapat dilihat atau dirusak dalam perjalanan oleh pihak ketiga, meskipun ada upaya terbaik dalam menjaga informasi dan data tersebut.
Dalam hal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas Data Pribadi Anda, yang berada di luar kendali CIMB Niaga, CIMB Niaga pada kesempatan pertama akan segera melakukan pemberitahuan kepada Anda antara lain melalui pengumuman pemberitahuan di situs web dan/atau sosial media resmi yang dikelola CIMB Niaga sehingga Anda dapat mengurangi risiko yang timbul atas hal tersebut.
Keamanan akun CIMB Niaga Anda bergantung pada cara Anda menjaga kerahasiaan sandi akun, Personal Identification Number (PIN), dan informasi akses lainnya. Jika Anda membagikan informasi akun Anda kepada pihak lain, pihak tersebut dapat mengakses akun dan Data Pribadi Anda. Lebih lanjut, walaupun CIMB Niaga menggunakan upaya terbaiknya untuk mengamankan dan melindungi Data Pribadi Anda, CIMB Niaga tidak dapat menjamin sepenuhnya keamanan data yang Anda sediakan atau kirimkan melalui internet kepada CIMB Niaga. Pemberian informasi melalui internet tetap memiliki risiko keamanan yang juga merupakan bagian tanggung jawab Anda.
Transfer Data Pribadi ke Luar Negeri
CIMB Niaga dapat mentransfer Data Pribadi Anda ke luar Wilayah Republik Indonesia selama kegiatan tersebut dibutuhkan demi pemberian Layanan kepada Anda dan pemenuhan tata kelola CIMB Niaga (misalnya untuk kebutuhan layanan remittance, penerbitan instrumen pembiayaan perdagangan luar negeri, pengawasan manajemen risiko dll) atau kepentingan yang sah lainnya seperti untuk melindungi dan menegakkan hak-hak hukum CIMB Niaga. Dalam hal ini, CIMB Niaga akan memastikan bahwa kegiatan transfer dilakukan ke negara-negara yang memiliki tingkat pelindungan Data Pribadi yang setara, berdasarkan perjanjian yang mengatur pelindungan Data Pribadi dengan kekuatan hukum yang sah dan mengikat dan/atau telah memperoleh persetujuan Anda.
CIMB Niaga juga dapat mentransfer Data Pribadi Anda ke luar Wilayah Republik Indonesia untuk keperluan memerangi tindak pidana penipuan maupun tindak pidana di bidang keuangan lainnya, dan menangani sengketa atau masalah apa pun yang dapat timbul sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
Tautan dan Koneksi Pengguna ke Aplikasi dan Situs Web Lain
Untuk keperluan referensi Anda, situs CIMB Niaga dapat berisi tautan ke situs web lain. Ketika Anda menggunakan tautan-tautan tersebut, CIMB Niaga tidak bertanggung jawab untuk melindungi privasi dan informasi apapun yang Anda berikan ketika mengunjungi aplikasi-aplikasi dan situs web tersebut. CIMB Niaga juga tidak bertanggung jawab atas konten pada aplikasi-aplikasi dan situs web tersebut, termasuk dampak yang ditimbulkan akibat mengakses aplikasi-aplikasi dan situs web tersebut. CIMB Niaga menghimbau agar Anda mempelajari dan membaca dengan hati-hati kebijakan Pemrosesan Data Pribadi yang berlaku di aplikasi dan situs web tersebut.
Pembaruan Pemberitahuan Privasi
CIMB Niaga dapat sewaktu-waktu memperbarui Pemberitahuan Privasi ini bila diperlukan. Anda dapat merujuk pada tanggal “terakhir diperbarui” yang terdapat pada bagian awal Pemberitahuan Privasi untuk mengetahui kapan CIMB Niaga menerbitkan Pemberitahuan Privasi ini. Anda disarankan untuk meninjau halaman ini secara berkala. Versi terbaru dari Pemberitahuan Privasi CIMB Niaga dapat Anda akses pada situs web CIMB Niaga di https://cimb.id/pemberitahuan-privasi. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan CIMB Niaga, maka Anda dianggap menerima perubahan-perubahan dalam Pemberitahuan Privasi ini.
Apabila terdapat perubahan yang signifikan atau secara materiil memengaruhi penggunaan Data Pribadi Anda, CIMB Niaga akan menyampaikan perubahan tersebut melalui media pemberian informasi/pengumuman yang lazim digunakan CIMB Niaga sebelum perubahan diberlakukan, seperti pemberitahuan melalui pengumuman pada kantor cabang atau melalui media lain yang mudah Anda akses termasuk layanan digital CIMB Niaga atau melalui e-mail dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kontak
Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Pemberitahuan Privasi ini, silahkan hubungi layanan dukungan pelanggan CIMB Niaga melalui informasi kontak berikut:
- Call Center : 14041 / +6221-29978888 dari luar negeri
- Email : 14041@cimbniaga.co.id atau DPOAdvisory@cimbniaga.co.id
Dengan mengakses dan menggunakan Layanan CIMB Niaga, Anda menyatakan telah mengetahui, membaca dan memahami Pemberitahuan Privasi ini serta bagaimana CIMB Niaga memproses Data Pribadi Anda.
Apabila Anda membagikan Data Pribadi pihak lain kepada CIMB Niaga untuk keperluan penyediaan Layanan kepada Anda misalnya pemilik manfaat, penerima kuasa, kontak darurat atau pemangku kepentingan dan relasi bisnis Anda, Anda menyatakan dan menjamin bahwa pihak lain tersebut telah mengetahui dan menyetujui pemberian Data Pribadi mereka kepada CIMB Niaga serta telah membaca dan memahami bagaimana CIMB Niaga memproses Data Pribadi mereka sesuai dengan informasi yang CIMB Niaga sampaikan dalam Pemberitahuan Privasi ini