FAQs

frequently Asked Questions


Flowers

    FAQ  search

    - search result


    Tentu bisa! Untuk daftar OCTO Mobile baik dengan nomor provider dalam dan luar negeri, pastikan nomor ponsel kamu sudah terdaftar di bank CIMB Niaga ya!


    Berikut adalah fitur yang ada di aplikasi OCTO Mobile:
    1. Tampilan aplikasi OCTO Mobile yang mudah digunakan (user-friendly)

    2. Login ke aplikasi OCTO Mobile dengan lebih aman menggunakan Fingerprint atau Face ID (iPhone only). (Fitur ini hanya berlaku untuk ponsel yang mensupport Fingerprint atau Face ID (iPhone only). Nasabah dengan rekening tabungan ataupun yang hanya memiliki kartu kredit dapat mendaftar ke OCTO Mobile.

    3. Transfer ke rekening sendiri atau rekening lain CIMB Niaga serta rekening di bank lain di dalam maupun luar negeri, Bayar Tagihan dan Isi Ulang Pulsa, Token Listrik, Paket Data dan eWallet. Nasabah juga dapat mengatur Transaksi Terjadwal.

    4. Transaksi dengan mata uang asing menggunakan nilai tukar special
    Kami menyediakan nilai tukar menarik untuk transaksi mata uang asing yang dilakukan Anda di OCTO Mobile.

    5. Transaksi dengan QR (lihat pada bagian transaksi QR):
    ● Receive & Send money
    ● Pembayaran E-Commerce di website belanja online
    ● Pembayaran di toko fisik dengan EDC CIMB Niaga
    Note: Khusus jenis ponsel Android 32-bit tidak dapat menggunakan fitur QR (informasi lebih lanjut dapat dilihat di bagian Android 32-bit)

    6. Inisiasi Tarik tunai dan setor tunai TANPA KARTU. Nasabah cukup membuat kode tarik atau kode setor tunai di OCTO Mobile lalu melakukan tarik dan setor tunai tanpa kartu di ATM, CDM dan Tarik Setor Tunai CIMB Niaga. Khusus untuk setor tunai, saat ini nasabah dapat juga melakukannya di Kasir Indomaret dengan cara menunjukan kode setor tunai dan menyerahkan uang tunai yang ingin di setor ke kasir Indomaret.

    7. Pembukaan rekening pertama di Bank. Proses pembukaan rekening terintegrasi dengan Video Banking dimana nasabah cukup melakukan verifikasi pembukaan rekening melalui Video Banking dengan agent bank.

    8. Pembukaan rekening tabungan dan rekening deposito berjangka tambahan. Pembukaan rekening yang tersedia:
    - Rekening Tabungan: OCTO Savers dan Tabungan Xtra
    - Rekening Tabungan mata uang asing konven & syariah: Tabungan Xtra
    - Deposito Berjangka (penempatan mulai dari IDR 5 juta): Deposito Berjangka Konvensional & Syariah
    - Deposito Berjangka Valas: Konvensional & Syariah
    - Tabungan Berjangka: Goal Savers
    - Tabungan Berjangka Syariah: iB Goal Savers

    9. Investasi Reksa dana & Obligasi (pemerintah, korporasi dan SBN Ritel)

    10. Lihat saldo Poin Xtra, transfer poin Xtra, transaksi QR, bayar tagihan dan isi ulang menggunakan poin Xtra

    11. Pengaturan kartu, nasabah dapat melakukan pengaturan kartu di OCTO Mobile:
    - Debit Card: Ubah PIN, Blokir & Buka Blokir kartu
    - Credit Card: Aktivasi, Buat/Ubah PIN, Blokir & Buka Blokir kartu, ubah transaksi jadi cicilan dan lihat cicilan

    12. Akses Cepat ke beberapa fitur penting OCTO Mobile – tanpa login:
    - Cek saldo rekening terpilih
    - Transaksi ke rekening favorit: rekening bank lain (online) dan rekening CIMB Niaga lain
    - Transaksi QR (receive money, scan QR untuk pembayaran di e-commerce dan toko fisik dengan EDC CIMB Niaga)
    - Pembuatan kupon Rekening Ponsel
    - Transaksi Tanpa Kartu
    - Cek nilai tukar mata uang asing

    13. Pendaftaran Kartu Kredit dan Personal Loan untuk nasabah terundang

    14. Bukti transaksi dapat langsung dibagikan melalui SMS, email, dan chat messenger seperti Whatsapp dan Line.

    15. Notifikasi transaksi dapat diterima melalui OCTO Mobile inbox (by default), SMS, E-mail, atau push notification.
    - Anda dapat memilih metode notifikasi transaksi pada aplikasi OCTO Mobile, bagian “pengaturan”.
    - Tidak ada biaya tambahan untuk menerima notifikasi melalui inbox atau email. Namun, untuk penerimaan notifikasi melalui SMS, Nasabah akan dikenakan biaya pulsa sesuai ketentuan operator.
    - Nasabah dapat mengaktifkan pengiriman passcode melalui push notification. Nasabah dapat mengaktifkan fitur ini di menu Pengaturan – Notifikasi – Push Notification

    16. “Add to Favorite” melalui Resi Notifikasi Inbox
    ● Nasabah dapat menambahkan nomor rekening tujuan/nomor pembayaran favorit melalui resi transaksi yang ada di menu Notifikasi.

    17. Sebagai upaya peningkatan keamanan transaksi, Bapak/ Ibu perlu mendaftarkan Perangkat yang akan digunakan untuk mengakses aplikasi OCTO Mobile (Menggunakan SMS untuk verifikasi). Pendaftaran perangkat dapat dilakukan pada saat login. Lihat pada poin Pendaftaran perangkat.

    18. Laporan mutasi (statement) tabungan dan Rekening Ponsel selama 6 bulan terakhir tersedia di OCTO Mobile serta dapat langsung di download atau dikirim ke alamat e-mail yang terdaftar.

    19. Cek nilai tukar mata uang asing

    20. Informasi Promo di menu Promosi/AdaOcto!
    Nasabah dapat melihat promo kartu Debit, kartu Credit, Poin Xtra, OCTO Mobile, CIMB Clicks dan Digital Lounge melalui menu AdaOcto/Promosi. Menu ini dapat diakses di halaman login dan di halaman utama – home -setelah login).

    21. Anda dapat memasukkan atau memilih kode promo yang ingin digunakan pada aplikasi OCTO Mobile untuk mendapatkan hadiah secara langsung di OCTO Mobile.

    22. Pendaftaran Rekening Ponsel kini dapat dilakukan langsung melalui aplikasi OCTO Mobile

    23. Fitur Augmented Reality yang mempermudah pencarian lokasi ATM, Cabang, dan Digital Lounge CIMB Niaga.

    24. Nasabah unbanked dapat mengganti user ID.

    25. Beli Tiket Pesawat

    26. Beli Asuransi


    Ya, update data email dapat dilakukan pada OCTO Mobile versi 2.6.4 keatas melalui menu Manage Profile pada Pengaturan / Settings.


    Ya, Bapak/Ibu dapat memperbarui nomor ponsel yang terhubung dengan OCTO Mobile melalui menu Manage Profile pada Pengaturan / Settings.

    Catatan:
    - Nomor ponsel utama hanya dapat diubah / diperbarui sebanyak 1 kali dalam 1 bulan.
    - Sebelum merubah nomor ponsel utama / primary, pastikan nomor yang akan didaftarkan memiliki pulsa karena OTP (One-time Password) akan dikirimkan ke nomor tersebut sebagai verifikasi.
    - Setelah nomor ponsel utama berhasil dirubah / diperbarui, silakan log out dari aplikasi OCTO Mobile lalu log in kembali.


    Bagi nasabah terpilih, fitur Cashplus adalah fitur dimana Bapak/Ibu dapat melakukan penarikan tunai dengan sumber dana kartu kredit Anda. Apabila Anda nasabah terpilih, menu Apply Cashplus akan muncul pada halaman detail kartu kredit Anda yang dapat diakses melalui menu My Account.


    Apabila Bapak/Ibu merupakan nasabah preferred CIMB Niaga, menu ini menyediakan informasi keuntungan menjadi nasabah preferred, informasi Relationship Manager (RM) Pribadi Anda, dan memberikan Anda akses ke layanan Preferred Assistant Contact Center (layanan 24 jam).

    Apabila Bapak/Ibu belum menjadi nasabah preferred, melalui menu ini Anda dapat mengetahui informasi mengenai keuntungan bergabung menjadi nasabah Preferred CIMB Niaga, persyaratan yang harus dipenuhi, serta akses untuk langsung melakukan pendaftaran menjadi nasabah Preferred.


    Terima kasih atas pengajuan Anda. Selanjutnya, mohon kesediaannya untuk menunggu tim kami untuk menghubungi Anda dalam 3 hari kerja. Apabila Anda tidak dihubungi dalam jangka waktu 3 hari kerja, Anda dapat menghubungi Contact Center Preferred Assistant kami di nomor 1500-800 (layanan tersedia 24 jam selama 7 hari).


    Pada aplikasi versi 2.6.4 keatas, Bapak/Ibu dapat melakukan pemesanan tiket pesawat dan melakukan pembayaran via OCTO Mobile yang didukung oleh Tiket.com. Fitur Travel Concierge dapat diakses di home page atau melalui menu “Leisure” di burger menu.

    Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui https://branchlessbanking.cimbniaga.co.id/travel-concierge/


    Bapak / Ibu, untuk menggunakan layanan pemesanan tiket pesawat di OCTO Mobile, bapak / ibu dapat melakukan langkah berikut:

    1) Setelah login ke aplikasi OCTO Mobile, klik menu Travel Concierge pada menu Home atau dibawah menu Leisure di Burger Menu.

    2) Klik menu Tiket Pesawat / Search Flight untuk melakukan pencarian penerbangan yang Bapak / Ibu inginkan.

    3) Masukkan airport / kota keberangkatan dan tujuan, tanggal keberangkatan, jumlah penumpang, dan kelas kabin, lalu tekan tombol Search untuk melakukan pencarian. Untuk memilih penerbangan round-trip, Anda dapat mengaktifkan toggle round-trip yang tersedia, dan memilih tanggal pulang.

    4) Pilih penerbangan yang dinginkan, lalu masukkan informasi pemesan dan data penumpang sesuai kartu identitas.

    5) Apabila maskapai yang dipilih menyediakan fasilitas tambahan bagasi, Bapak / Ibu dapat juga memilih kapasitas bagasi yang diinginkan pada halaman ini. Klik NEXT untuk melanjutkan.

    6) Pada halaman konfirmasi, pastikan kembali sumber dana dan total pembayaran sudah benar.

    7) Konfirmasi dengan memasukkan PIN OCTO Mobile, dan Bapak / Ibu akan mendapatkan resi pembayaran.

    Catatan:
    - Sumber dana yang dapat digunakan untuk pembayaran tiket pesawat adalah kartu kredit, rekening tabungan, giro, dan Rekening Ponsel.
    - Apabila pemesanan tiket berhasil, Anda dapat mengunduh e-Ticket melalui menu My Booking atau langsung mengunduh file e-Ticket yang dikirimkan langsung via email dari pihak Tiket.com. Apabila Bapak/Ibu belum mendapatkan e-Ticket tersebut, mohon agar dapat menghubungi:

    Customer Service Tiket.com
    Email: cs@tiket.com
    Whatsapp: +62858 1150 0888
    Telepon lokal: 0804 1500 878
    Telepon internasional: +6221 3973 0888


    Bapak / Ibu, kami informasikan bahwa saat melakukan pemesanan, OCTO Mobile akan menyimpan informasi harga tiket untuk sementara waktu. Ketika berpindah ke halaman konfirmasi pembayaran, ada kemungkinan harga bisa berubah karena menyesuaikan dengan sistem maskapai. Penentuan harga merupakan hak dan kebijakan dari masing-masing maskapai.